Exposure Compensation

Sistem metering kamera kadang-kadang akan menentukan nilai eksposur yang tidak tepat untuk mengekspos gambar dengan baik. Hal ini dapat dikoreksi oleh fitur "EV Compensation" fitur yang terdapat di prosumer dan kamera profesional. Biasanya EV Compensation berkisar antara -2.0 hingga +2.0 EV dengan interval 0,5 atau 0,3 EV. Beberapa SLR digital memiliki rentang EV kompensasi yang lebih luas, misalnya dari -5.0 EV ke +5.0 EV.

Penting untuk dipahami bahwa meningkatkan EV compensation sebesar 1 adalah setara dengan mengurangi EV dengan 1 yang berarti akan menambah dua kali lipat jumlah cahaya. Misalnya jika mode otomatis kamera menunjukan Anda harus menggunakan aperture dari f / 8 dan shutterspeed 1/125s pada ISO dari 100 (13 EV) dan gambar yang dihasilkan muncul kurang terang (misalnya dengan melihat histogram), menerapkan a + 1.0 kompensasi eksposur EV akan menyebabkan kamera menggunakan shutterspeed dari 1/60s atau aperture dari f/5.6 untuk memungkinkan lebih banyak cahaya (12 EV).

Semakin Anda terbiasa dengan sistem metering kamera anda, anda sudah bisa menerapkan kompensasi EV sebelum menembak. Misalnya jika Anda akan mengambil highlight dan suasana cerah, Anda dapat mengatur kompensasi EV untuk -0.3 atau -0.7 EV.

No comments:

Post a Comment